Arti Sejarah dan Peninggalannya

Halo… Kali ini kita akan membahas sedikit soal sejarah,sejarah bisa diartikan sebagai kisah masa lalu yang sudah terlewati,eitsss… bukan masa lalu tentang mantan loh ya,hehe. Sejarah diartikan sebagai cerita kehidupan yang benar terjadi di masa lalu,tentu saja sejarah meninggalkan banyak cerita yang sangat asik untuk dibahas. Ada banyak peningglan sejarah yang sudah ditemukan hingga saat ini,peninggalan sejarah mempunyai arti yaitu sebuah warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah. Ada bermacam macam bentuk peninggalan sejarah,ada yang berupa fosil,peralatan dari masa lampau,prasasti,patung,bangunan,naskah,dan cerita atau hikayat. Sudah tau belum pengertian tentang bentuk peninggalan sejarah? Kalo belum tau,simak penjelasan dibawah ini.
1.       Fosil
Yaitu sisa tulang belulang manusia dan hewan atau tumbuhan yang membatu,tulang belulang dan sisa sisa tumbuhan itu berasal dari masa purba. Mereka tertanam di lapisan tanah,umumnya fosil ini sudah berumur jutaan tahun dan dari fosil itu kita bisa mengetahui kehidupan pada zaman purba.
salah satu contoh fosil yang ditemukan dan mengungkap banyak rahasia hidup pada masa lalu
2.       Peralatan
Peralatan adalah alat yang digunakan oleh manusia jaman dahulu untuk berburu,memasak,bertani dan mempertahankan hidup. Ada banyak peninggalan berupa peralatan yang dipakai pada zaman dahulu,ada yang terbuat dari logam,tulang dan ada juga yang terbuat dari batu.
salah satu contoh peralatan jaman purba yang digunakan untuk berburu

3.       Prasasti
Sebuah tulisan tulisan dari masa lampau,tulisan ini ditulis pada batu,emas,perunggu,tembaga,tanah liat atau tanduk binatang. Prasasti ini biasanya berisi cerita tentang suatu kerajaan.
Prasasti batu tulis astana gede
4.       Patung
Patung atau biasa disebut arca berasal dari kerajaan Hindu dan Budha,bentuk patung bermacam macam ada patung dewa dewa,ada patung Budha,patung berupa binatang dan masih banyak lagi. Patung tersebut terbuat dari batu,perunggu,bahkan ada yang terbuat dari emas.
Salah satu contoh patung yang ada di Candi Borobudur
5.       Bangunan
Ada banyak bangunan yang ditinggalkan dari masa lampau antara lain
a.       Candi, bangunan kuno yang terbuat dari susunan batu. Candi didirikan sebagai tempat untuk melaksanakan upacara keagamaan.
b.      Gedung, bangunan yang berbentuk rumah yang mempunyai nilai sejarah.
c.       Benteng, bangunan yang dipergunakan untuk mempertahankan diri dari musuh.
d.      Tugu, bangunan yang didirikan untuk memperingati suatu peristiwa yang dianggap penting atau bersejarah.
e.      Makam, tempat dikuburkannya tokoh tokoh penting dalam masyarakat.
Gedung Sate adalah gedung bersejarah yang terletak di kota Bandung yang sekarang dijadikan gedung pemerintahan
6.       Naskah
Naskah atau tulisan kuno adalah peninggalan sejarah yang berbentuk tulisan yang biasa ditulis di kulit pohon dan kulit hewan.
Contoh naskah yang ditemukan. Salah satunya yaitu naskah Tanjung Tanah


Mr. Alone

Mr. Alone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.